Tips Memelihara Mebel Antik

on

Adanya perabot antik dalam sebuah hunian kini dapat meningkatkan nilai interior rumah tersebut. Apalagi kalau furniture tersebut dirawat dengan baik, pastinya terlihat lebih indah dan awet.

Tapi merawat furniture antik tidaklah semudah merawat furniture biasa lainnya. Perlu penanganan khusus dan perawatan rutin.

Agar tidak penasaran, berikut tips untuk melakukan perawatan mebel antik di rumah Anda!

1. Gunakan kuas untuk membersihkan perabot kayu jati, rotan, eceng gondok dari debu. Bisa juga Anda pakai vacuum cleaner.
2. Jangan pernah mengelap mebel dengan lap, sekalipun lap ini terbuat dari bahan yang sangat halus. Kenapa? Karena lap bisa menimbulkan goresan pada permukaan perabot.
3. Lanjutkan dengan memberikan lapisan wax (cairan pelapis furnitur). Caranya, semprotkan cairan pada kain katun/kaus yang kering lalu ratakan pada perabot antik. Tunggu dan lihat hasilnya beberapa menit kemudian. Lap kembali dengan kain kering lainnya.
4. Fungsi wax disini untuk memberikan kesan bersih dan bersinar pada mebel. Juga akan melindungi perabot dari debu dan goresan langsung. Anda bisa membeli wax di toko bangunan, dan supermarket.
5. Lakukan perawatan rutin ini seminggu sekali.
6. Tempatkan furniture antik Anda di tempat yang memiliki suhu normal dan tidak lembab. Usahakan pula agar furniture tersebut tidak terkena sinar matahari atau sumber panas lainnya secara langsung, karena dapat membuat furniture Anda terlihat kusam, lapisan retak atau melengkung.
7. Untuk bagian anyaman, bersihkan dengan sikat lembut.
8. Ganti bantal ataupun alas duduk kursi secara berkala.
9. Memoles ulang furniture antik, setidaknya 2 – 3 tahun sekali untuk membuatnya tetap menawan

Similar Posts:

Artikel Lainnya  Desain Interior Rumah Minimalis Sedehana