Cara Melakukan Perbaikan pada Beton

on

Bagi Anda yang bingung memilih metode mana yang lebih baik untuk digunakan saat ingin memperbaiki beton maka pilih saja metode grouting. Metode ini merupakan solusi cepat yang bisa Anda lakukan dengan menggunakan bahan semen non shrink mortar yang berkualitas.

Salah satu bahan bangunan yang memiliki banyak peminat saat ini adalah beton. Beton menjadi bahan yang memiliki banyak kelebihan. Selain mudah dibentuk, beton juga cukup bisa diandalkan dalam tekanan ataupun suhu yang tinggi. Dengan begitu,  saat menggunakannya pun cukup aman meski terjadi  bencana alam ataupun kebakaran.

Dalam memilih beton pun tidak bisa sembarangan. Pasalnya nantinya betonlah yang digunakan untuk membuat sebuah konstruksi yang kokoh.  Untuk itu, Anda perlu benar-benar mengetahui kualitas dari beton tersebut. Caranya yakni dengan memperhatikan beberapa hal berikut.

Bagaimana Memilih Beton yang Berkualitas

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih beton yang berkualitas adalah seperti berikut:

  1. Bentuk yang sempurna alias tidak ada cacat
Artikel Lainnya  Le Provence Hotel Bandung

Benton yang berkualitas tentu beton yang memiliki bentuk sempurna. Yakni beton yang tidak terdapat rongga-rongga, alias beton tersebut memiliki komposisi yang padat. Jika terdapat rongga-rongga maka bisa dipastikan beton tersebut lebih mudah keropos dan hancur,

Tak hanya itu, beton yang berongga tentu tidak dapat bertahan lama. Maka pastikan saat memilihnya Anda benar-benar memilih beton dengan bentuk yang padat agar kekuatan beton benar-benar didapat.

  1. Beton yang kedap air

Memilih beton yang berkualitas artinya beton tersebut kedap air. Pasalnya air yang meresap pada beton dapat meningkatkan porositas kerapatan dari beton tersebut. Dengan begitu, yang terjadi adalah beton yang hancur dan mudah lembab. Tentu saja akan membuat beton tidak dapat menahan tekanan yang kuat.

  1. Memiliki komposisi padat

Selain beberapa hal di atas, Anda juga perlu memilih beton yang benar-benar dalam keadaan padat. Beton ini juga memiliki tekstur yang kuat dengan tidak adanya kandungan logam di dalamnya. Selain daripada itu, beton yang baik juga hanya memiliki kandungan tanah liat, lumpur, dan debu paling banyaknya 2% saja.

  1. Beton tidak menggumpal
Artikel Lainnya  Daftar Produsen Mortar Terbaik di Indonesia

Tekstur beton yang berkualitas adalah beton yang tidak menggumpal. Dengan begitu Anda bisa benar-benar mendapatkan manfaat saat menggunakannya sebagai konstruksi bangunan.

Beberapa poin di atas merupakan beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih beton yang berkualitas. Lantas bagaimana dengan beton yang memiliki kualitas kurang baik? Jangan khawatir karena Anda bisa melakukan perbaikan pada beton tersebut. Berikut penjelasan selengkapnya.

Bagaimana Cara Melakukan Perbaikan pada Beton?

Terkadang Anda menemukan beton yang tidak memiliki bentuk yang sempurna alias cacat. Dengan begitu, Anda perlu melakukan beberapa perbaikan seperti berikut:

  1. Metode Patching Spaling

Merupakan metode perbaikan yang dilakukan dengan cara penambalan. Jika memilih metode ini maka minimal kerusakan atau keretakan yang terjadi pada beton adalah 0.3 mm.

Caranya yakni dengan membersihkan beton terlebih dahulu kemudian ditambal langsung menggunakan bahan dari group. Jika sudah dilakukan penambalan maka lakukan curing.

  1. Metode Shotcrete
Artikel Lainnya  Vio Hotel Indonesia

Metode ini dilakukan jika Anda menemukan keretakan atau kerusakan yang cukup luas pada beton. Adapun dua cara yang bisa dilakukan yakni metode shotcrete dry mix dan shotcrete wet mix. Metode shotcrete dry mix adalah campuran yang bertekstur kering, kemudian metode shotcrete wet mix adalah campuran yang basah. Kedua campuran tersebutlah yang nantinya ditembakkan pada beton.

  1. Metode Injection

Metode selanjutnya ini merupakan perbaikan yang menggunakan material epoxy dengan jumlah viskositas yang cukup rendah. Nantinya dengan metode ini beton dapat merekat kembali dengan kuat.

  1. Metode Grouting

Metode terakhir yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki beton adalah grouting. Metode ini dilakukan dengan pengecoran semen bahan non shrink mortar yang digunakan untuk memperbaiki beton tersebut.

 

Similar Posts: